Team The Power Of IT : Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Silahkan Ambil Informasi yang dianggap Anda Penting dan Beritahu kami bila ada sesuatu yang kurang lengkap atau tidak menarik atau kurang Memuaskan (*_*)

Cari

Senin, 16 Agustus 2010

Ilmuwan Temukan Mantel Tembus Pandang

Para ilmuwan telah menciptakan mantel tembus pandang yang bisa membuat cahaya menembus benda padat. Materi yang digunakan untuk mantel ini adalah sutra.

Saat ini mantel tersebut hanya berfungsi untuk cahaya di luar spektrum yang terlihat, di bagian terahertz band, frekuensi antara radio dan cahaya infra merah. Para pengembangnya di Boston University dan Tufts University, percaya kalau mantel itu bisa juga berfungsi di gelombang yang lebih kecil, termasuk cahaya yang terlihat.

Para peneliti berharap bahwa penemuan mereka tersebut akan diterapkan pada dunia medis, juga membuka kemungkinan ke depannya untuk membuat manusia atau objek lainnya menjadi tidak terlihat.

Karena sutra itu adalah 'biocompatible', materi tersebut tidak menimbulkan reaksi ketika dipasang pada tubuh manusia. Meta-silk bisa digunakan di dunia kedokteran. Fiorenzo Omenetto, salah satu peneliti dari Tuff University mengatakan bahwa penemuan ini adalah sudut yang tidak biasa untuk sebuah matematerial, karena kemampuan sutra untuk berinteraksi dengan tubuh manusia.

Ilmuwan-ilmuan tersebut berkata bahwa penemuan tersebut ke depannya bisa digunakan sebagai mantel ala Harry Potter untuk semua orang. Penemuan tersebut juga bisa digunakan sebagai sensor gula darah untuk diabetes, sebagaimana level glukosa berubah, begitu juga metamaterial-nya.

Tahun lalu, para peneliti di Imperial College London dan University of Southhampton diberi dana sebesar 4,9 juta Euro untuk menyelidiki metamaterial dan kemungkinannya untuk diterapkan di bidang pengobatan, pertahanan, keamanan dan komunikasi. (Okezone/Telegraph)
Bagi yang ingin copy-paste, harap cantumkan sumber dari www.ketok.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

design by The Power Of IT