Team The Power Of IT : Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Silahkan Ambil Informasi yang dianggap Anda Penting dan Beritahu kami bila ada sesuatu yang kurang lengkap atau tidak menarik atau kurang Memuaskan (*_*)

Cari

Minggu, 01 Agustus 2010

Microsoft Kecam Aliansi Yahoo Jepang Dengan Google

Microsoft mengecam kerja sama yang dilakukan oleh Yahoo Jepang dan Google. Pasalnya, kerja sama itu berpotensi memperkuat posisi Google, ketimbang Yahoo sendiri.

"Rencana Google akan secara otomatis memperkuat posisinya di pasar pencarian di Jepang dan membuat Google menjadi satu-satunya mesin pencari tunggal di negara tersebut," ujar pejabat Microsoft Dave Heiner.

Ditambahkan Heiner, kesepakatan tersebut akan menghilangkan persaingan di pasar pencarian di Jepang, khususnya dalam industri iklan online.

Sebelumnya, pihak Yahoo Jepang mengaku akan beraliansi dengan Google yang akan memberikan kendali sepenuhnya terhadap mesin pencari Yahoo Jepang.
Perjanjian tersebut memungkinkan Yahoo Jepang untuk beralih ke mesin pencari Google tahun ini dari teknologi Yahoo yang selama ini digunakan untuk iklan online dan sistem distribusi.

Ini dianggap sebagai tamparan keras bagi Microsoft yang selama ini telah menjalin kerja sama cukup erat dengan Yahoo global di mesin pencarian dan distribusi iklan online. Namun begitu Yahoo Jepang merasa tidak masalah jika mereka mencari partner lain di luar yang direkomendasikan Yahoo global. Pasalnya, Yahoo Jepang saat ini tidak sepenuhnya dimiliki oleh Yahoo global. Yahoo global hanya memiliki saham 35 persen saja, sedangkan 41 persen saham lainnya dikuasai oleh operator telekomunikasi Jepang Softbank.

Google saat ini menguasai sekira 51 persen dari iklan pencarian berbayar di internet Jepang sementara Yahoo Jepang menguasai 47 persen.

"Bahkan, efek kompetitif dari rencana ini dapat dirasakan secara global karena Jepang merupakan negara ketiga terbesar pengguna mesin pencarian di dunia, setelah Amerika Serikat dan China," kata Heiner. (Okezone/Straits Times)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

design by The Power Of IT