Team The Power Of IT : Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Silahkan Ambil Informasi yang dianggap Anda Penting dan Beritahu kami bila ada sesuatu yang kurang lengkap atau tidak menarik atau kurang Memuaskan (*_*)

Cari

Rabu, 29 September 2010

Menghasilkan Uang di Internet Lewat Blog

2 tahun yang kalau ada yang menanyakan saya, bagaimana mendapatkan uang dari internet lewat blog? Jawab saya ketika itu hanya lewat 'Google Adsense', tapi saat ini sudah banyak pilihan...

Ketika 2 tahun yang lalu memang sudah banyak program periklanan yang bisa dipasang di blog untuk menghasilkan uang seperti lewat 'numpang iklan' amazon.com atau ikutan Adbrite. Tapi yang paling efektif menghasilkan uang pada waktu itu yah cuma Google Adsense.

Tapi saat ini banyak sekali pilihan yang mungkin kalau ditulis di sini akan sangat panjang sekali. Artikel hanya menjelaskan secara singkat bagaimana membuat blog dan mendapatkan uang dari hasil blog tersebut.

Apa itu Blog dan bagiamana membuatnya?

Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (Wikipedia)

Dengan kata lain Blog itu sebenarnya situs juga, yang biasanya hanya diurus oleh seorang penulis (dikenal dengan istilah Blogger). Profil penulis juga kadang ditampilkan di dalam situs tersebut. Ada 2 situs yang menyediakan Blog yang paling populer seperti www.blogger.com dan www.wordpress.com - Blog yang lagi naik daun ada http://multiply.com/ dan ada beberapa blog lokal yang saya lupa alamatnya... :(

Tips: Kamu bisa menggunakan domain gratis co.cc untuk alamat blog kamu - Contoh kalau alamat situs kita hosting di tempat gratis bernama yang panjang seperti: www.ketokblog.blogspot.com - kalau kita pakai domain co.cc - maka bisa disingkat menjadi www.ketokblog.co.cc - Jadi pengunjung situs akan lebih mudah ingat alamat situs kita, dan tentunya kalau mau mengetiknya juga tidak perlu panjang-panjang.


Menghasilkan uang dari Blog Lokal / Blog Bahasa Indonesia

Banyak program advertising luar negeri yang mengdiskreditkan Blog berbahasa Indonesia. Yah maklum saja karena kebanyakan viewer dan pemasang iklan mereka adalah badan usaha, peorangan, dan perusahaan asing yang hanya mengerti Inggris.

Kalau 2 tahun yang lalu hampir tidak ada yang bisa menghasilkan uang di Blog berbahasa Indonesia kecuali Google Adsense yang kadang-kadang muncul iklannya. Itupun harus diakalin oleh Blogger dengan sedikit banyak memasukkan beberapa kata kunci (keyword) berbahasa Inggris.

Tapi sekarang ada beberapa pilihan antara lain:

1. KumpulBlogger - Situs ini dibuat khusus Jaringan Blogger Indonesia, supaya bisa mendapatkan alternatif penghasilan tambahan. Caranya adalah dengan menyediakan spot (ruangan) pada blognya sebagai tempat menyampaikan pesan komersial dari Advertiser. Semua Blogger boleh mamakai fasilitas ini walau ada ketentuan yang harus dipatuhi. Info lebih lanjut di SINI.

2. Adspeedy - Situs ini adalah portal periklanan online yang berfungsi untuk mempertemukan Advertiser (pemilik iklan) maupun Publisher (penerbit iklan). Dengan adanya berbagai fasilias unggulan yang siap pakai, adspeedy.com kiranya dapat memberikan nuansa baru dalam dunia periklanan online di Indonesia.

Sistem kerja Adspeedy hampir sama dengan Google Adsense dimana tiap view dari iklan (CPM), Blogger Iklan mesti di-approve dahulu oleh admin sebelum iklan bisa menghasilkan uang. Info lebih lanjut di SINI.

3. Kliksaya - Situs ini sudah kami review, jadi untuk jelasnya silahkan baca di SINI. Situs ini tidak cocok untuk Blogger pemula, karena target situs disetujui untuk muncul iklannya adalah minimum 10.000 view perbulan.

4. PPCIndo | AdsenseCamp | IndoFad - Ketiga situs ini juga sama fungsinya dengan situs-situs di atas. Yang bedanya dari semua situs ini adalah penghasilan per-kliknya. Rata-rata berkisar antara 100 - 700 rupiah. Selain itu masing-masing situs juga ada kelebihan dan kekurangannya. Silahkan masuk ke masing-masing situs untuk mempelajarinya secara detil.


Menghasilkan uang dari Blog berbahasa Inggris

Nah kalau Blog-nya berbahasa Inggris, mungkin bisa mendapatkan uang dengan memasang iklan dari situs-situs di bawah ini:

1. Google Adsense - Merupakan situs periklanan yang paling populer di dunia. Tapi untuk apply-nya kadang-kadang susah, dan aturannya sangat banyak, plus perlu dipatuhi oleh Blogger, kalau tidak pasti di-BAN (di-PHK).

2. WidgetBucks - Secara konsep WidgetBucks (WB) mirip dengan Google Adsense (GA), bedanya adalah WB lebih fokus ke produk tertentu, dan para pengiklannya kebanyakan adalah toko-toko online. Enaknya WB menerima pembayaran lewat Paypal, jadi tidak perlu repot-repot untuk mencairkan cek seperti di GA, yang kadang-kadang tidak diterima semua bank di Indonesia.

3. Chitika - Konsep situs ini agak berbeda dengan WB & GA, tapi secara prinsip hampir sama. Perbedaan terutama terlihat di tampilan yang lebih baik. Sayangnya traffik Chitika hanya diperuntukkan untuk akses dari Amerika dan Kanada saja, di luar itu iklan tidak akan muncul.

Selain itu ada banyak situs lagi yang bisa menghasilkan uang buat Blog netter seperti Adbrite, Clicksor, bidvertiser dan lainnya. Pembahasan ini akan kami bahas lebih lanjut selanjutnya di artikel "10 pilihan alternatif selain Google Adsense" atau netter bisa membaca di SINI.


Penulis: Erwin
Dari berbagai sumber
Bagi yang ingin copy-paste, harap cantumkan sumber dari www.ketok.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

design by The Power Of IT