Team The Power Of IT : Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Silahkan Ambil Informasi yang dianggap Anda Penting dan Beritahu kami bila ada sesuatu yang kurang lengkap atau tidak menarik atau kurang Memuaskan (*_*)

Cari

Jumat, 11 Februari 2011

Ponsel Facebook Meluncur Pekan Depan

VIVAnews - Sudah cukup lama beredar isu yang mengatakan bahwa Facebook membuat sebuah ponsel.

Ternyata, kini jelas sudah. Facebook Phone akan muncul di pameran telekomunikasi sedunia Mobile World Congress, pekan depan.

Seperti dikutip oleh situs Guardian, produsen pembuat ponsel yang bermarkas di London Inggris, INQ, membenarkan bahwa mereka akan mengumumkan dua model ponsel yang memiliki fitur Facebook yang sangat mendalam, sehingga bisa dibilang merupakan Facebook Phone.

"Ponsel ini tak pernah kami maksudkan sebagai sebuah ponsel Facebook. Namun, pihak Facebook begitu terlibat dalam pembuatan ponsel ini, dan ini merupakan proses yang sangat kolaboratif dalam pembuatannya," kata Ken Johnstone, salah satu pendiri (Co-Founder) INQ.

Selama ini, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, memang selalu membantah isu bahwa Facebook membuat sebuah ponsel. Zuckerberg mengatakan bahwa mereka bekerja sama dengan berbagai mitra dan berusaha membuat API (application programming interface) Facebook seterbuka mungkin. Hal itu juga diungkapkan oleh Dan Rose, Vice President Facebook.

"Rumor tentang ponsel Facebook yang dibuat oleh HTC, adalah hanya satu contoh dari penggunaan platform Facebook di mana para pembuat ponsel memanfaatkan API yang ada. Penting bagi kamu untuk memiliki platform horizontal yang bisa seluas mungkin digunakan orang," kata Rose.

Bagi INQ, peluncuran ponsel Facebook mereka ini merupakan jawaban mengapa selama ini INQ belum juga menyediakan ponsel Android. "Banyak ponsel Android yang saya sukai. namun, mereka sangat rumit, dan mirip-mirip. Kami ingin memberikan pengalaman Facebook yang otentik," kata Johnstone.

Kedua ponsel INQ ini; INQ Cloud Touch dan INQ Cloud Q akan berjalan di atas platform Android. Ponsel ini menargetkan pengguna berusia 18-28 tahun itu, dan bukan diperuntukkan bagi pengguna yang berlangganan tarif data mahal.

Oleh karenanya, saat pertama kali menyala, pengguna akan langsung digiring untuk log in ke koneksi Wi Fi, dan baru kemudian diarahkan untuk log in ke Facebook. "Menulis pada dinding Facebook lewat ponsel ini semudah menulis SMS," kata Johnstone.

INQ Cloud Touch Facebook phone

Update status, memposting komentar di dinding, atau check in di suatu lokasi, semuanya bisa dilakukan di ponsel ini. Bahkan melakukan panggilan telepon juga bisa langsung dilakukan lewat aplikasi Facebook ponsel ini, sepanjang nomor telepon yang bersangkutan tersimpan dalam buku telepon.

Ponsel INQ Cloud Touch dilengkapi dengan kamera 5 MP, sementara INQ Cloud Q yang sebenarnya mirip dengan Cloud Touch tapi dilengkapi dengan tombol QWERTY, membesut kamera 3 MP. INQ baru merilis harga banderol INQ Cloud Touch di Inggris, yakni gratis, selama pengguna berlangganan data 20 poundsterling (Rp 287 ribu) setiap bulan.

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

design by The Power Of IT