a. Pegertian
Media Pembelajaran
Media
dapat diartikan sebagai alat fisik komunikasi yang berfungsi menyampaikan
informasi (pengetahuan) dari sumber ke penerima informasi. Adapun media
pembelajaran merupakan alat atau perantara untuk memfasilitasi komunikasi dari
sumber belajar ke siswa dan mendukung proses belajar guna mencapai tujuan
belajar.
b. Macam
– Macam Media Pembelajaran
Menurut bentuknya, media yang
digunakan dalam belajar dan pembelajaran secara umum dibedakan menjadi media
cetak, noncetak dan media audio, nonaudio sedangkan secara lebih spesifik,
media dapat berupa antara lain teks, audio, visual, media bergerak, obyek/media
yang dapat dimanipulasi (media manipulatif), dan manusia.
Adapun
menurut fungsinya, Suherman, et
al. (2001: 200) mengelompokkan media menjadi dua bagian yaitu: pembawa informasi (ilmu pengetahuan), alat untuk menanamkan konsep.
c.
Pengertian Alat Peraga
Alat
peraga merupakan istilah dari Bahasa Indonesia yang terdiri dua kata yaitu
“alat” dan “peraga” sehingga secara harfiah alat peraga adalah alat yang
digunakan untuk memperagakan. Dalam konteks pembelajaran matematika, alat
peraga matematika adalah alat yang memperagakan konsep dan prinsip matematika.
Maksud dari “memperagakan” dalam konteks ini adalah menjadikan konsep dan prinsip
matematika jelas secara visual, atau konkrit (dapat disentuh), atau bekerja
pada suatu konteks.
Alat peraga manipulatif/hands-onmaterials”
adalah media berupa benda nyata tiga dimensi yang dapat menggambarkan secara
konkret suatu obyek, ide, model, atau konsep abstrak dan memungkinkan untuk
digerakkan atau dimanipulasi secara fisik dalam kaitannya dengan pembentukan
konsep bagi penggunanya, dalam hal ini siswa.
d. Fungsi
Media
Media
memiliki fungsi sebagai pembawa informasi atau pesan dari sumber (guru) menuju
penerima (siswa). Sedangkan metode adalah prosedur untuk membantu siswa dalam
menerima dan mengolah informasi atau pesan guna mencapai tujuan pembelajaran.
Sedangkan Fungsi Media pembelajaran menurut Kemp & Dayton (1985) adalah :
Memotivasi, Menyajikan Informasi , Memberikan
Instruksi.
e.
Pola dan Strategi Pemanfaatan Media Pembelajaran
Model
perencanaan pemanfaatan media yang efektif/ASSURE, menurut Heinich, dan
kawan-kawan (1982) adalah : Analyze Learner
Characteristics adalah Menganalisa karakteristik pebelajar, State Objective adalah Merumuskan tujuan
pembelajaran, Select,
Modify, or Design Materials adlah Memilih, memodifikasi, atau merancang
dan mengembangkan materi dan media yang tepat, Utilize
Materials adalah Menggunakan materi dan media, Require
Learner Respon adalah Meminta tanggapan siswa, Evaluate
adalah mengevaluasi proses belajar.
Manfaat
penggunaan media pembelajaran dalam proses pemebelajaran adalah memperjelas penyajian pesan dan informasi, mengarahkan dan
meningkatkan perhatian anak, mengatasi keterbatasan
indera, ruang, dan waktu, memberikan kesamaan
pengalaman kepada siswa.
Pemanfaatan
media Pembelajaran pada saat kegiatan pembelajaran oleh guru pada situasi
sebagai berikut : Bahan ajar yang dijelaskan guru
kurang dipahami siswa, Terbatasnya,
sumber pembelajaran, Guru kurang bergairah dalam
menjelaskan bahan ajar melalui verbal akibat terlalu lelah, Perhatian siswa terhadap pembelajaran berkurang
f.
Pengembangan Media Sederhana
Media
sederhana adalah berbagai media visual yang tidak diproyeksikan seperti gambar,
ilustrasi, poster, bagan, diagram, grafik, peta, sketsa, dll
Prinsip
mendisain suatu media sederhana menurut Kemp (1980), adalah Kesederhanaan (simplycity), Kesatuan (unity),
Penekanan (emphasis), Keseimbangan (balance)
g.
Pemilihan Media Pembelajaran
Pemilihan
media, menurut Gagne, dkk (1988) perlu mempertimbangkan sebagai berikut :
Variabel Tugas, Variabel Siswa, Lingkungan Belajar, Lingkungan, Pengembangan , Ekonomi dan
Budaya, Faktor-Faktor Praktis. Sedangkan Pertimbangan
yang lebih singkat dalam pemilihan media adalah Tujuan
yang ingin dicapai, Kesesuaian media dengan materi Ajar, Karakteristik Siswa,
Gaya belajar siswa, Kondisi lingkungan, fasilitas pendukung, dan waktu yang
tersedia.
Ada
beberapa hal yang perlu diperhatikan guru dalam menggunakan media pembelajaran
adalah : Guru, perlu memiliki pemahaman terhadap
media pembelajaran antara lain jenis dan manfaat media pembelajaran, criteria
memilih dan menggunakan media pembelajaran, Guru harus terampil membuat media
pembelajaran sederhana untuk keperluan pembelajaran, Guru harus mampu menilai
keefektifan penggunaan media dalam proses pembelajaran.
No comments:
Post a Comment
design by The Power Of IT