Team The Power Of IT : Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Silahkan Ambil Informasi yang dianggap Anda Penting dan Beritahu kami bila ada sesuatu yang kurang lengkap atau tidak menarik atau kurang Memuaskan (*_*)

Cari

Saturday, November 4, 2017

Rangkuman Pedagogik PLPG Media Pembelajaran

a.       Pegertian Media Pembelajaran
Media dapat diartikan sebagai alat fisik komunikasi yang berfungsi menyampaikan informasi (pengetahuan) dari sumber ke penerima informasi. Adapun media pembelajaran merupakan alat atau perantara untuk memfasilitasi komunikasi dari sumber belajar ke siswa dan mendukung proses belajar guna mencapai tujuan belajar.
b.      Macam – Macam Media Pembelajaran
Menurut bentuknya, media yang digunakan dalam belajar dan pembelajaran secara umum dibedakan menjadi media cetak, noncetak dan media audio, nonaudio sedangkan secara lebih spesifik, media dapat berupa antara lain teks, audio, visual, media bergerak, obyek/media yang dapat dimanipulasi (media manipulatif), dan manusia.
Adapun menurut fungsinya, Suherman, et al. (2001: 200) mengelompokkan media menjadi dua bagian yaitu: pembawa informasi (ilmu pengetahuan), alat untuk menanamkan konsep.
c.       Pengertian Alat Peraga
Alat peraga merupakan istilah dari Bahasa Indonesia yang terdiri dua kata yaitu “alat” dan “peraga” sehingga secara harfiah alat peraga adalah alat yang digunakan untuk memperagakan. Dalam konteks pembelajaran matematika, alat peraga matematika adalah alat yang memperagakan konsep dan prinsip matematika. Maksud dari “memperagakan” dalam konteks ini adalah menjadikan konsep dan prinsip matematika jelas secara visual, atau konkrit (dapat disentuh), atau bekerja pada suatu konteks.
Alat peraga manipulatif/hands-onmaterials” adalah media berupa benda nyata tiga dimensi yang dapat menggambarkan secara konkret suatu obyek, ide, model, atau konsep abstrak dan memungkinkan untuk digerakkan atau dimanipulasi secara fisik dalam kaitannya dengan pembentukan konsep bagi penggunanya, dalam hal ini siswa.
d.      Fungsi Media
Media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi atau pesan dari sumber (guru) menuju penerima (siswa). Sedangkan metode adalah prosedur untuk membantu siswa dalam menerima dan mengolah informasi atau pesan guna mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan Fungsi Media pembelajaran menurut Kemp & Dayton (1985) adalah : Memotivasi, Menyajikan Informasi , Memberikan Instruksi.
e.       Pola dan Strategi Pemanfaatan Media Pembelajaran
Model perencanaan pemanfaatan media yang efektif/ASSURE, menurut Heinich, dan kawan-kawan (1982) adalah : Analyze Learner Characteristics adalah Menganalisa karakteristik pebelajar, State Objective  adalah Merumuskan tujuan pembelajaran,  Select, Modify, or Design Materials adlah Memilih, memodifikasi, atau merancang dan mengembangkan materi dan media yang tepat, Utilize Materials adalah Menggunakan materi dan media, Require Learner Respon adalah Meminta tanggapan siswa, Evaluate adalah mengevaluasi proses belajar.
Manfaat penggunaan media pembelajaran dalam proses pemebelajaran adalah memperjelas penyajian pesan dan informasi, mengarahkan dan meningkatkan perhatian anak, mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu, memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa.
Pemanfaatan media Pembelajaran pada saat kegiatan pembelajaran oleh guru pada situasi sebagai berikut : Bahan ajar yang dijelaskan guru kurang dipahami siswa, Terbatasnya, sumber pembelajaran, Guru kurang bergairah dalam menjelaskan bahan ajar melalui verbal akibat terlalu lelah, Perhatian siswa terhadap pembelajaran berkurang
f.       Pengembangan Media Sederhana
Media sederhana adalah berbagai media visual yang tidak diproyeksikan seperti gambar, ilustrasi, poster, bagan, diagram, grafik, peta, sketsa, dll
Prinsip mendisain suatu media sederhana menurut Kemp (1980), adalah Kesederhanaan (simplycity), Kesatuan (unity), Penekanan (emphasis), Keseimbangan (balance)
g.      Pemilihan Media Pembelajaran
Pemilihan media, menurut Gagne, dkk (1988) perlu mempertimbangkan sebagai berikut : Variabel Tugas, Variabel Siswa, Lingkungan Belajar, Lingkungan, Pengembangan , Ekonomi dan Budaya, Faktor-Faktor Praktis. Sedangkan Pertimbangan yang lebih singkat dalam pemilihan media adalah Tujuan yang ingin dicapai, Kesesuaian media dengan materi Ajar, Karakteristik Siswa, Gaya belajar siswa, Kondisi lingkungan, fasilitas pendukung, dan waktu yang tersedia.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan guru dalam menggunakan media pembelajaran adalah : Guru, perlu memiliki pemahaman terhadap media pembelajaran antara lain jenis dan manfaat media pembelajaran, criteria memilih dan menggunakan media pembelajaran, Guru harus terampil membuat media pembelajaran sederhana untuk keperluan pembelajaran, Guru harus mampu menilai keefektifan penggunaan media dalam proses pembelajaran. 

No comments:

Post a Comment

design by The Power Of IT